PERBEDAAN DEPRESI PASCA PERSALINAN (DPP) DAN BABY BLUES SYNDROME (BBS)

 

Depresi pascapersalinan mempengaruhi 7-12% ibu baru dan biasanya dimulai antara minggu ke 6-12 setelah kelahiran anak.



Depresi postpartum (DPP) atau depresi nifas adalah kelainan yang mempengaruhi, dengan berbagai tingkat keparahan, 7 sampai 12% ibu baru dan umumnya dimulai antara minggu ke 6 dan 12 setelah kelahiran anak.

Wanita merasa sedih tanpa alasan, mudah tersinggung, mudah menangis, tidak sebanding dengan komitmen yang menunggunya. Selain itu, perasaan yang berulang di antara ibu baru, yang menghadapi masalah ini, adalah rasa malu bercampur rasa bersalah. 

Faktanya, dalam perasaan yang sama, diterima begitu saja bahwa seorang ibu baru harus bahagia setiap saat. Ini adalah mitos yang salah. Ketakutan dianggap sebagai ibu yang tidak memadai, didorong oleh harapan yang tidak realistis, dapat membuat wanita merasa bersalah dan tidak mau mencari bantuan, lupa bahwa perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan peran sebagai ibu.

Ini bagus untuk diingat: orang tua tidak dilahirkan, mereka diciptakan.

PLR merupakan masalah kesehatan masyarakat yang sangat penting, dengan mempertimbangkan penderitaan subjektif perempuan dan keluarga mereka, serta keterbatasan dan biaya langsung dan tidak langsung dari mengorbankan fungsi pribadi, sosial dan pekerjaannya.

Gangguan tersebut juga mengganggu kemampuan wanita untuk melakukan pertukaran perilaku dan emosi dengan anaknya. 

Faktanya, 67% ibu yang depresi melaporkan kesulitan dalam interaksi dan keterikatan. Pertukaran telah diakui sebagai hal yang penting untuk hubungan ibu-anak yang efektif, yang mampu mencegah konsekuensi jangka panjang pada perkembangan kognitif, sosial dan emosional anak.

DPP harus dibedakan dari apa yang disebut psikosis pascapartum, juga disebut psikosis nifas, kelainan yang sangat jarang dan lebih serius dalam manifestasinya. Para wanita yang menderita itu menunjukkan keadaan kebingungan dan agitasi yang hebat, suasana hati yang parah dan perubahan perilaku, seringkali halusinasi dan delusi. 

DPP juga harus dibedakan dari reaksi yang agak umum, yang disebut "baby blues" ("blues" berarti melankolis), yang ditandai dengan perasaan melankolis, sedih, mudah tersinggung, dan gelisah yang tidak dapat dijelaskan, yang memuncak 3-4 hari setelah melahirkan dan itu cenderung memudar dalam beberapa hari, biasanya dalam 10-15 hari pertama setelah melahirkan. Permulaannya terutama disebabkan oleh perubahan hormon yang drastis pada jam-jam setelah melahirkan (kolapsnya estrogen dan progesteron) dan kelelahan fisik dan mental akibat persalinan dan persalinan dan dapat terjadi pada lebih dari 70% ibu.

Sebaliknya, depresi pascapartum memiliki gejala yang lebih intens dan bertahan lama.

Di antara Perbedaan Depresi Pasca Persalinan (DPP) dan Baby Blues Syndrome (BBS) adalah sebagai berikut  :

    1. DPP Menunjukkan keadaan kebingungan dan agitasi yang hebat, suasana hati yang parah dan perubahan perilaku. 

Sedangkan BBS ditandai dengan perasaan melankolis, sedih, mudah tersinggung, dan gelisah yang tidak bisa dijelaskan.

    2. DPP seringkali mengalami perubahan perilaku, seperti halusiasi dan delusi, berbeda dengan BBS

    3. DPP biasanya dimulai pada minggu ke 6-12 setelah kelahiran anak, sedangkan BBS dialami 3-4 hari setelah melahirkan dan memudar dalam beberapa hari, cenderung dalam waktu 10-15 hari.


Seorang ibu memiliki peran yang sangat besar di dalam keluarga. Inilah mengapa, sosok keluarga dan juga sosok seorang Ayah diharapkan mampu mendukung seorang Ibu. Menjadi penyemangat baginya.

Komunikasi adalah kuncinya. Di dalam rumah tangga, komunikasi sangat dibutuhkan, terutama pad apasangan suami-istri. Termasuk dalam menjalankan sunnah Rasulullah yang dilaksanakan hanya sekali dalam seumur hidup, yakni aqiqah.

Aqiqah kini sudah bisa dilaksanakan dengan mudah di Klaten Juwiring!

Aqiqah Nurul Hayat, Aqiqah Murah, Aqiqah Klaten


JASA AQIQAH SIDOARJO SUKODONO

Kini Aqiqah Nurul Hayat  hadir di Sidoarjo Sukodono! Menawarkan Jasa Aqiqah Sidoarjo Sukodono. yang berkesan karena dilaksanakan hanya sekali dalam seumur hidup. Jasa Aqiqah Sidoarjo Sukodono Nurul Hayat telah berdiri dan melayani masyarakat lebih dari 10 tahun lamanya. Tentunya kualitas tidak bisa diragukan lagi.

AQIQAH MURAH 

Harga yang ditawarkan pun terjangkau, bahkan bisa disesuaikan tergantung dengan kebutuhan. Aqiqah Murah dengan kualitas bintang lima.

MENU MASAKAN

Aqiqah Sidoarjo Sukodono menawarkan menu masakan yang beragam. Sate dan Gule tidak harus menjadi menu dalam aqiqah, karena daging kambing bisa diolah menjadi menu masakan yang lain seperti rolade, sate buntel, sate maranggi, kambing masak wijen, kambing lada hitam, dan lain sebagainya.

Aqiqah Sidoarjo Sukodono Nurul Hayat

Aqiqah Nurul Hayat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengontrol Anak untuk Tidak Berkata Buruk

SEKOLAH UNGGULAN SURABAYA

Aqiqah Sukodono Sidoarjo